Home Artikel Komputer Ms Office Membuka Proteksi File Ms Word
Membuka Proteksi File Ms Word PDF Print
Written by Feri Djuandi   
Tuesday, 20 April 2010 07:46

Proteksi yang dimaksud di sini adalah proteksi yang dipasang “di dalam” sebuah file Ms Word, yaitu proteksi yang diaktifkan melalui menu Tools --> Protect Document.
Jenis proteksi semacam ini masih memungkinkan seseorang membuka file tersebut, namun ia tidak dapat mengubahnya.



Sementara itu, ada jenis proteksi lain yang dipasang “di depan” sebuah file Ms Word melalui opsi Tools --> Security Options saat menyimpan file. Jenis proteksi semacam ini lebih ketat dimana pengguna sama sekali tidak dapat membuka file yang bersangkutan kecuali mengetahui passwordnya.

Artikel ini akan membahas cara “mengakali" atau meng-crack proteksi jenis pertama, yaitu yang dipasang di dalam file Ms Word. Untuk membuka proteksi jenis ini caranya mudah sekali bahkan kita tidak perlu mengetahui password-nya.

  1. Buat sebuah file Ms Word yang kosong dengan menu New --> Blank Document.

  2. Masukan isi dari file yang terproteksi tersebut melalui menu Insert --> File.

  3. Dokumen yang kosong tersebut dengan segera akan terisi oleh file yang terproteksi tadi.
  4. Silakan lakukan pengaturan lebih jauh, misalnya jenis kertas, orientasi, margin atas/bawah/kiri/kanan dan sebagainya supaya sama dengan file yang asli. Silakan melakukan modifikasi lainnya sesuka Anda.
  5. Simpan file baru ini.

Mungkin Anda akan bertanya mengapa kita tidak melakukan copy saja dari file asli lalu paste ke dalam file yang baru? Hal itu tidak dapat dilakukan karena Ms Word akan menon-aktifkan menu copy pada file yang terproteksi, jadi yang bisa dilakukan hanyalah menyisipkan file saja. Tips ini sudah berhasil dicoba pada Ms Word 2003 namun belum pernah dilakukan pada versi yang lain.